AS Minta Konflik Ukraina Harus Diakhiri dengan Diplomasi

WASHINGTON, - Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat Jake Sullivan, pada Kamis (16/6) mengatakan bahwa Washington akan terus membantu Ukraina untuk menyelesaikan konflik dengan Rusia.

Meski begitu, ia menekankan bahwa konflik yang kini tengah berlangsung di Ukraina harus diselesaikan melalui jalur negosiasi.

“Pertama di medan perang, dan kemudian, akhirnya di meja perundingan. Kami pikir ini harus diakhiri dengan diplomasi,” kata Sullivan, dalam sebuah forum, dikutip RT.com.

Pada kesempatan itu, ia menanggapi pernyataan dari Sekertaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg yang mengatakan bahwa Ukraina kemungkinan harus menyerahkan wilayahnya kepada Rusia agar konflik dapat diselesaikan melalui dialog.

Menurut Sullivan, keputusan seperti itu sepenuhnya berada di tangan pemerintah Ukraina.

“Kami tidak akan menekan mereka untuk membuat konsesi teritorial. Kami pikir itu terus terang salah,” tambahnya.

Komentar Sullivan muncul setelah laporan NBC News yang mengklaim bahwa beberapa pejabat AS dan Eropa "semakin khawatir bahwa lintasan perang di Ukraina tidak dapat dipertahankan" dan meminta Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk "melemahkan sikap kerasnya" soal tidak ada wilayah Ukraina yang akan diserahkan ke Rusia.

 



sumber: www.jitunews.com